Senin, 08 April 2013

WASPADALAH! VIRUS HEPATITIS C LEBIH BERBAHAYA DARI HIV

Keganasan Human Immunodeficiency Virus atau lebih akrab dengan nama HIV sudah tidak asing lagi. Tapi tahukah Anda masih ada virus yang lebih ganas daripada HIV? Virus ini dikenal dengan nama HCV atau Hepatitis C Virus.
Prof Dr dr David Handojo Muljono, SpPD, FINASIM, PhD menuturkan bahwa perkembangan atau kecepatan turnover virus ini lebih cepat daripada HIV. “HCV mampu menginfeksi dengan ketahanan 7 hari diluar tubuh. Kecenderungan mutasi atau produksinya pun lebih cepat, yaitu 97-99 persen. Sedangkan kecepatan HIV hanya 87-98 persen,” tutur dr David.
Dr David yang juga menjabat Kepala Unit Penelitian Hepatitis Lembaga Biologi Molekul Eijkman Jakarta mengungkapkan hal tersebut dalam peringatan tahun ke-4 hari hepatitis sedunia dengan tema Saatnya Peduli Hepatitis! Ketahui, Cegah, dan Obati yang bertempat di ruang J Leimena Gedung Prof Adyatma Kemenkes Blok C lantai 2, Jl H.R.Rasuna Said Blok X.5 Kav. 4-9 Kuningan, Jakarta pada Senin (8/4/2013).
TruAge : Alat Pengukur Usia Organ Dalam Tubuh Anda

Menurut dokter berkacamata ini, orang dengan Hepatitis C tidak akan menunjukkan gejala apapun pada masa akut. Tetapi dampak jangka panjangnya dapat membuat penderita mengalami cirrhosis hingga kanker hati.
Diakui dr David pengobatan terhadap penyakit hepatitis masih mahal. Oleh sebab itu, ia mengimbau kembali akan pentingnya kebersihan serta kesehatan pada ibu hamil.
“Ibu dengan bawaan hepatitis sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar anaknya tidak memiliki kesempatan tertular penyakit yang sama,” ucap dr David.
Untuk diketahui, dampak lain yang disebabkan oleh virus ini adalah kerusakan tiroid, gangguan ginjal, juga gangguan autoimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar